Mengenal dan Memanfaatkan LibreOffice
Posted by Unknown on 08.59.00 with No comments
Mengenal dan Memanfaatkan LibreOffice
Libreoffice memang aplikasi yang dipaketkan pada sistem operasi Linux seperti halnya pada Linux Mint. Aplikasi ini dijadikan sebagai aplikasi perkantoran secara default. Memang untuk pengguna baru yang baru saja bermigrasi dari sistem operasi Windows ke sistem operasi berbasis Linux akan sedikit kesulitan. Namun jangan khawatir, secara konsep LibreOffice adalah sama halnya seperti Microsoft Office. Hanya tampilannya saja yang sederhana.Mungkin Anda akan canggung.
Ya memang, secara tampilan yang sederhana dan tempat atau lokasi menu – menu maupun sub – sub menu yang sedikit berbeda akan membuat Anda menjadi canggung dalam bekerja. Untuk itu saya akan mengajak Anda pelan – pelan untuk saling mempelajari aplikasi LibreOffice dari segi fungsi dan tampilannya.
LibreOffice sama seperti Microsoft Office yang mempunyai aplikasi pendukung lainnya. Seperti Libre Writer (sebagai pengganti Ms. Word);
Libre Impress (sebagai pengganti Ms. Power Point);
Libre Calc (sebagai pengganti Ms. Excel);
Libre Base (sebagai pengganti Ms. Acces);
Libre Draw (sebagai pengganti Ms. Publisher)
Dari seluruh aplikasi tersebut mari kita pelajari sedikit demi sedikit.
Libre Writer
Libre Writer adalah aplikasi perkantoran yang berfungsi sebagai pengolah kata. Layaknya Microsoft Word, aplikasi Libre Writer ini akan membantu Anda dalam mengerjakan tugas – tugas dan membuat dokumen seperti surat, makalah, cerita, laporan, dan lain – lain. Bagaimana dengan tampilannya? Lihat gambar dibawah ini, gambar tersebut adalah tampilan Libre Writer untuk menulis artikel ini.
Keterangan gambar;
- Menu Bar
- Standart Tool Bar
- Formatting Tool Bar
- Rulers
- Page (Bidang lembar kerja)
- Drawing Tool Bar
Menu pokok yaitu menu bar pada Libre Writer yakni: File, Edit, View, Insert, Format, Table, Tools, Windows dan Help.
Pembahasan;
Menu File
Menu File terdiri dari sub menu;
→ New (Ctrl+N), sub menu ini berfungsi untuk membuat dokumen baru.
→ Open (Ctrl+O), sub menu ini berfungsi untuk membuka dokumen Anda.
→ Recent Documents, sama seperti sub menu Open yang berfungsi membuka dokumen yang telah berjalan atau diolah sebelumnya.
→ Wizards, dengan sub menu ini Anda dapat membuat dokumen dengan seperti surat, fax, presentasi dengan mudah.
→ Templates, menu ini memberikan kemudahan dalam membuat dokumen dengan template yang sudah disediakan. Anda juga dapat membuat dokumen untuk dijadikan sebagai template.
→ Close, berfungsi untuk menutup aplikasi Libre Writer
→ Save (Ctrl+S), berfungsi untuk menyimpan file dokumen yang telah dibuat.
→ Save As (Ctrl+Shift+S), berfungsi untuk menyimpan dokumen dengan nama lain.
→ Save a Copy, berfungsi untuk menyimpan dokumen dengan menyalin file asli dokumen tersebut.
→ Save All, berfungsi untuk menyimpan seluruh dokumen yang sedang berjalan.
→ Reload, untuk merefresh atau me-restart aplikasi.
→ Versions, untuk membuat dokumen dengan menambahkan beberapa versi yang berbeda.
→ Export, berfungsi untuk meng-eksport dokumen.
→ Export as PDF, untuk mengekspor dokumen menjadi file PDF.
→ Send, berfungsi untuk mengirim file dokumen yang ada melalui e-mail, maupun media pengiriman jaringan nirkabel lainnya.
→ Properties, adalah deskripsi tentang dokumen yang dibuat. Anda bisa mengedit penuh deskripsi tersebut.
→ Digital Signatures, sub menu ini berfungsi untuk membuat signatur pada dokumen yang dibuat.
→ Preview in Web Browser, berfungsi untuk melihat isi dokumen dengan aplikasi web browser
→ Page Preview (Ctrl+Shift+O), berfungsi untuk melihat isi dokumen
→ Print (Ctrl+P), berfungsi untuk mencetak dokumen yang telah siap untuk dicetak.
→ Print Settings, berfungsi untuk mengatur dan mencari mesin printer yang terhubung dengan komputer Anda.
→ Exit LibreOffice (Ctrl+Q), berfungsi untuk keluar dari aplikasi LibreOffice.
Menu Edit
Sub menu Edit yaitu;
→ Undo (Ctrl+Z) untuk membatalkan perintah
→ Redo (Ctrl+Y), untuk mengembalikan perintah yang dibatalkan
→ Repeat (Ctrl+Shift+Y), untuk mengulang kata yang ditulis
→ Cut (Ctrl+X), untuk memindahkan, memotong teks atau karakter
→ Copy (Ctrl+C), untuk menyalin teks
→ Paste (Ctrl+V), untuk menempel teks hasil dari Copy maupun Cut
→ Paste Special (Ctrl+Shift+V), untuk menempelkan objek secara special
→ Select Text , menyeleksi teks
→ Selection Mode, mengetahui mode seleksi teks yang ada
→ Select All (Ctrl+A), untuk menyeleksi seluruh teks atau paragraf.
→ Change, untuk mengganti, memproteksi teks atau dokumen
→ Compare Documents, untuk membandingkan dokumen yang satu dengan yang lain.
→ Find (Ctrl+F), untuk mencari kata atau karakter.
→ Find & Replace (Ctrl+H), untuk mencari kata maupun karakter dan menggantinya.
→ Auto Text (Ctrl+F3), untuk memberikan kata pintas agar lebih mudah dalam penulisan.
→ Exchange Database, untuk mengganti database dalam suatu waktu.
→ Fields, untuk mengedit beberapa file dokumen fields
→ Footnote/Endnote, untuk memberi atau mengedit footnote/endnote yang sudah ada.
→ Index Entry, untuk menambahkan data indeks entry
→ Bibliography Entry, untuk menambahkan biografi
→ Hyperlink, membuat/menambahkan alamat hyperlink yang bertujuan ke file dokumen tertentu
→ Links, untuk mengedit alamat links dokumen lain
→ Plug-In, untuk menambahkan fitur lain pada libre writer
→ ImagesMap, untuk menampilkan fasilitas edit gambar.
→ Object, untuk mengedit objek beberapa dokumen.
Menu View
Sub menu View yakni;
→ Print Layout, untuk melihat dokumen dengan mode cetak.
→ Web Layout, untuk melihat dokumen dengan mode website
→ Toolbar, untuk manampilkan/menghilangkan fitur toolbar
→ Status Bar, untuk manampilkan/menghilangkan fitur status bar
→ Input Metode Status, untuk manampilkan/menghilangkan dokumen dengan status metode yang digunakan
→ Rulers, untuk manampilkan/menghilangkan penggaris pada area dokumen
→ Text Boundaries, untuk manampilkan/menghilangkan kotak baris penulisan atau margin
→ Fields Shadings (Ctrl+F8), untuk manampilkan/menghilangkan bayangan pinggir dokumen
→ Fields Names (Ctrl+F9), untuk manampilkan/menghilangkan fields display
→ Nonprinting Characters, untuk manampilkan/menghilangkan karakter – karakter tersembunyi penulisan seperti spasi dan tabulasi
→ Hidden Paragraphs (Ctrl+F10), untuk manampilkan/menghilangkan paragraf
→ Comments, untuk memberikan komentar pada teks, kata, kalimat dokumen
→ Navigator (F5), untuk memunculkan menu navigator
→ Sidebar, untuk memunculkan atau menghilangkan menu sidebar
→ Full Screen (Ctrl+Shift+J), untuk melihat dokumen full layar monitor
→ Zoom, untuk membesarkan atau mengecilkan tampilan dokumen
Menu Insert
Sub menu Insert yakni;
→ Manual Break, menyisipkan pembatas halaman/memotong/pemisah halaman, kolom dan jenisnya pada posisi kursor
→ Fields, menyisipkan berbagai objek seperti tanggal, waktu, nama, file, halaman, judul pembuat dokumen, dan lain – lain
→ Special Character, menyisipkan karakter khusu seperti simbol, nomer, smile dan lain – lain
→ Formatting Mark, menyisipkan format karakter khusus
→ Section, menyisipkan section
→ Hyperlink (Ctrl+K), menyisipkan alamat link yang bertujuan ke suatu dokumen maupun situs
→ Header, menyisipkan/mengaktifkan fitur header dokumen
→ Footer, menyisipkan/mengaktifkan fitur footer dokumen
→ Footnote/Endnote, menyisipkan catatan
→ Caption, menyisipkan caption
→ Bookmark, menandai sebuah alamat/lokasi dokumen agar mudah ditemukan
→ Cross-reference, menyisipkan referensi, catatan kaki, indeks halaman.
→ Comments (Ctrl+Alt+C), menyisipkan komentar.
→ Scripts, menyisipkan script program seperti javascripts, c++ dan lain – lain
→ Index and Tables, menyisipkan index dan tabel
→ Envelope, menyisipkan alamat pengirim surat
→ Frame, meyisipkan frame / kotak jendela
→ Table (Ctrl+F12), menyisipkan tabel
→ Images, menyisipkan gambar pada dokumen
→ Movie and Sound, menyisipkan video maupun suara pada dokumen
→ Floating Frame, menyisipkan objek frame
→ File, menyisipkan file dokumen
Menu Format
Sub menu Format yakni;
→ Clear Direct Formatting (Ctrl+M), mengubah ke posisi awal pengaturan format teks, paragraf maupun karakter ke pengaturan default
→ Character, menentukan jenis, warna, ukuran, gaya huruf pada teks yang dipilih
→ Paragraph, menentukan jenis dan pengaturan paragraf
→ Bullets and Numbering, mengatur/memberi bullet atau penomoran pada teks
→ Page, mengatur halaman (ukuran, jenis, nomor halaman, dll)
→ Title page, mengatur/menambahkan nama/judul halaman
→ Change Chase, mengganti karakter teks yang dipilih apakah ukuran (kecil semua, depan huruf besar per kata, huruf besar semua, huruf besar awal kata, dll)
→ Columns, mengatur/menambahkan kolom teks atau paragraf.
→ Sections, mem-format teks seperti link dan proteksi dan pengaturan lainnya
→ Styles and Formatting, mengatur format paragraf, karakter, teks, dan lainnya
→ AutoCorrects, mengelola ejaan kata secara otomatis
→ Anchor, mengatur gambar pada posisi paragraf maupun teks
→ Wrap, mengaktifkan/mematikan fitur wrap untuk membuat gambar menjadi background halaman atau tidak. dll
→ Alignment, mengatur tata letak teks atau paragraf yaitu left (rata kiri), center (rata tengah), right (rata kanan), justify (rata kanan kiri)
→ Arrange, mengatur gambar sesuai dengan kebutuhan
→ Flip, mengubah posisi gambar horisontal maupun vertikal (flip horizontal, flip vertical)
→ Rotate, memutar objek
→ Group, menggabungkan/memisahkan sebuah dokumen dalam satu jenis grup tertentu
→ Object, mengubah posisi, ukuran, warna, bakckground objek dalam satu dokumen
→ Frame/Object, mengatur frame yang ada pada dokumen
→ Image, mengatur gambar
Menu Table
Sub menu Table yakni;
→ Insert Table, menyisipkan table ke dalam dokumen
→ Delete, menghapus tabel
→ Select, meyeleksi baris/kolom tabel
→ Merge Cells, menggabungkan dua atu lebih cell menjadi satu
→ Split Cells, membagi dua atau lebih cell yang dipilih
→ Protect Cells, memproteksi cell agar aman
→ Merge Table, menggabungkan dua tabel atau lebih
→ Split Table, membagi tabel menjadi dua atau lebih
→ AutoFormat, membuat table secara otomatis
→ AutoFit, mengatur tabel agar fleksibel terhadap isi tabel
→ Heading rows repeat, menentukan baris – baris yang akan selalu di cetak di awal halaman
→ Convert, mengkonvert tabel menjadi teks biasa maupun sebaliknya
→ Sort, menyortir data tabel berdasarkan kriteria tertentu
→ Fromula, memasukan rumus pada tabel
→ Number Format, memformat tipe data number dalam tabel
→ Table Boundaries, menampilan/menghilangkan garis bantu tabel
→ Table Properties, mengatur tabel
Menu Tools
Sub menu Tools yakni;
→ Spelling and Grammars (F7), mengaktifkan pengecekan penulisan teks dalam bahasa Inggris
→ Language, memilih bahasa yang digunakan
→ Word Count, menghitung jumlah kata atau karakter dalam suatu dokumen
→ Outline Numbering, mengetik/mengatur outline number yang sudah ada maupun membuat baru
→ Line Numbering, mengetikan nomor secara otomatis
→ Footnote/endnote, membuat footnote
→ Galery, mengaktifkan fasilitas galeri
→ Bibliography database, membuka aplikasi media player
→ Mail Merge Wizard, membuat surat masal menggunakan bantuan wizard
→ Sort, mengurutkan data
→ Calculate, melakukan fasilitas penghitungan dalam tabel
→ Update, meng-update konten – konten yang terdapat dalam dokumen, seperti link atau gambar
→ Macros, membuat/menjalankan sekumpulan data program makro
→ Extension Manager, mengatur jenis penyimpanan dokumen Libre Writer
→ XML Filter Settings, melakukan penyaringan terhadap jenis – jenis dokumen
→ AutoCorrect Caption, mengatur ejaan secara otomatis yang akan dilakukan oleh Libre Writer
→ Customize, mengatur menu, tool bar dan sejenis untuk ditampilkan maupun disembunyikan
→ Options, pengaturan keseluruhan aplikasi LibreOffice
Menu Window
Sub menu Window yakni;
→ New Window, membuat jendela dokumen baru
→ Close Window, menutup jendela aplikasi
Menu Help
Sub menu Help yakni;
→ LibreOffice Help, menampilkan bantuan/petunjuk menggunakan aplikasi LibreOffice
→ What’s this?, mengubah petunjuk mouse, sehingga jika diklik akan menunjukan keterangan bagian tersebut
→ Send Feedback, mengirim balik kepada pembuat aplikasi
→ Lisence Information, melihat informasi lisensi aplikasi
→ About LibreOffice, melihat informasi versi aplikasi
Libre Calc pada artikel selanjutnya
0 komentar:
Posting Komentar